Indonesia Ternyata Surga Diving

Standar

Apa yang tidak disadari oleh mayoritas orang Indonesia adalah ternyata negeri bahari ini menyimpan kekayaan alam bawah laut yang sangat banyak. Dalam sekali diving saja, seorang ahli ilmu kelautan bisa menemukan ratusan spesies ikan di lautan Indonesia, padahal jika dia melakukannya di wilayah lainnya belum tentu dia bisa menemukan hingga sebanyak itu.

DIMANA LOKASI DIVING DI INDONESIA ?

Diving Indonesia, KOMODO Island, one of the best DIVE Spot in Indonesia

Pulau Komodo, Flores Indonesia one of the best diving spot in Indonesia


WILAYAH BARAT INDONESIA

Dari ujung sebelah barat negara ini, Scuba Diving populer dilakukan di Pulau Weh, Mentawai, Padang sampai ke Lampung. Meskipun banyak pantai di Jawa rusak oleh peradaban, namun masih menyisakan tempat-tempat diving di Ujung Kulon, Karakatau, dan Karimun Jawa. Di era tahun 90an, gugusan Kepulauan Seribu Jakarta seperti Pulau Sepa, Pulau matahari, Pantara, Pelangi, Kotok, Pramuka, Melinjo, Papa Theo, Putri, dll. sempat juga menjadi daerah populer tujuan diving di Indonesia. Namun kondisinya semakin menyedihkan akhir-akhir ini, hal ini disebabkan oleh kerusakan akibat eksploitasi tidak terkontrol sebagai konsekuensi kedekatannya dengan daerah urban seperti Jakarta.

Bali Island, one of the most Scuba Diving destination in ASIA

Pulau Menjangan & Pantai Tulamben, BALI

INDAHNYA PULAU DEWATA

Menuju ke arah timur dari Pulau Jawa kita menyeberang ke Pulau Bali atau yang terkenal dengan sebutan Pulau Dewata dengan seribu pura diatasnya, ternyata sudah dikenal sebagai situs diving berkaliber kelas dunia (World Class Diving) karena keindahannya, situs tersebut diantaranya di Pulau Menjangan, Puri Jati, Lovina, Tulamben, Amed, Bunutan, Padang Bai, Gili Tepekong, Nusa Penida, Nusa Lembongan, Sanur, dan Nusa Dua. Pulau Bali merupakan salah satu tujuan favourite diving bagi peselam-peselam mancanegara. Belajar Diving Dot Com melaksanakan paket pelatihan PADI Diving Course / dive training di Tulamben Bali, untuk memenuhi persyaratan kualitas perairan yang baik untuk student diver kami.

PESONA LOMBOK

Lombok, tetangga Pulau Bali juga menyimpan keindahan alam bawah air yang layak untuk diselami, antara lain Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno. Dari lombok ke arah timur sampai Alor – Kupang merupakan areal selam kelas dunia yang belum sepenuhnya di eksplorasi. Salah satunya adalah Pulau KOMODO di Flores yang merupakan tempat favorit bagi turis mancanegara untuk melakukan aktifitas diving disana. Konon, banyak yang berpendapat bahwa Pulau Komodo adalah diving site terbaik yang ada di Indonesia. Pulau Komodo terkenal dengan underwater formation yang begitu menawan.

BORNEO / KALIMANTAN

Di Pulau Kalimantan, Scuba Diving populer dilakukan di Pulau Derawan, Sangalaki, Maratua, dan Kakaban. Di Pulau Kakaban ini terdapat sebuah danau air payau yang dihuni oleh ribuan non-sting Jelly Fish (ubur-ubur). Konon, tempat seperti ini hanya ada 2 di muka bumi ini, yakni di Palau dan Kakaban.

SULAWESI

Tak perlu kita bahas dalam-dalam mengenai Pulau Sulawesi, Hampir semua orang Indonesia mengenal Taman Laut Bunaken yang begitu indah. Banyak peselam yang belum afdol jadi diver jika belum menyelam disini. Selain Bunaken, banyak tempat diving lain di Pulau ini seperti Gorontalo, Lembeh, Wakatobi, Selayar, dll. Formasi bawah air yang berupa jurang bawah laut membuat kondisi diving di areal ini sangat menakjubkan.

Bunaken

Pulau Bunaken, Sulawesi Utara

AMBON HALMAHERA SAMPAI PAPUA

Ambon, Halmahera, Papua, merupakan gugusan kepulauan yang merupakan surga olahraga Diving. Minimnya peradaban manusia di areal tersebut, menjadikan perairannya masih alami, bersih, menyimpan banyak flora dan fauna. Salah satu kawasan favourite di kawasan ini adalah Taman Nasional Raja Ampat di propinsi Papua. Tempat ini dikunjungki ribuan penyelam mancanegara setiap tahunnya.

INDONESIA IS HEAVEN FOR SCUBA DIVER

Indonesia merupakan Surga untuk aktifitas Scuba Diving, Ribuan orang asing datang ke Indonesia setiap tahunnya menghabiskan ribuan dollar untuk melakukan scuba diving. Alangkah sayangnya kita yang tinggal di Indonesia namun tak pernah sekalipun mengintip alam bawah air yang menakjubkan.

****

Wah, sayang nih saya takut banget sama yang namanya air, jadi kalau mau diajak liat laut yah liatnya lewat kapal selam aja..hehehe..

tapi buat anak-anak muda sih, ada baiknya kalo kita lebih cinta sama negeri sendiri aja deh ketimbang duit dibuang-buang buat jalan-jalan ke luar negeri, apalagi diving ke Bermuda…hiiii..(@alit)

sumber: http://www.belajardiving.com/wheredive.php

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s