Penyakit kaum hawa

Standar

penyakit_wanitaKaisar Han Wendi, putra dari Liu Bang, pendiri Dinasti Han, mencicipi obat ibunya sebelum diberikan pada ibunya. (Dari the Twenty-Four Paragons of Filial Piety, Dua Puluh Empat Kisah Keteladanan dari Anak yang Berbakti oleh Guo Jujing)

Ada sekelompok kondisi klinis yang umum menyerang perempuan. Di antaranya migrain, depresi, sindrom iritasi usus besar (irritable bowel syndrome), fibromyalgia (kondisi kronis yang menyebabkan nyeri, kekakuan, dan kepekaan dari otot, tendon, dan sendi), sindrom pramenstruasi (PMS), dan sindrom letih kronis (chronic fatigue syndrome).

Perspektif pengobatan Tiongkok kuno melihat adanya rangkaian umum yang terjadi pada keseluruhan penyakit tersebut ketika mereka diamati. Pada paradigma ini, seringkali kondisi-kondisi semacam itu terjadi karena memiliki kesamaan ketidakseimbangan energi yang melibatkan elemen kayu, yang termanifestasi di garis meridian hati dan kantong empedu, satu dari sekian banyak jaringan energi yang ada di dalam tubuh manusia.

Di tingkat energi atau qi, hati mengatur pencernaan. Energi hati yang stagnan dapat menyebabkan gangguan asam lambung (esophageal reflux), pembengkakan, serta sembelit dan diare yang bergantian.

Garis meridian hati meluas sampai ke mata, mempengaruhi penglihatan dan mitra fungsionalnya, garis meridian kantong empedu, meluas di sekitar area temporal (bagian dari otak besar) kepala. Karenanya, ketika energi hati-kantong empedu tidak seimbang, akan menyebabkan gangguan penglihatan dan sakit kepala di area temporal, seperti migrain.

Energi hati menjaga tendon (urat daging), ligamen (ikatan sendi), dan fascia (pembungkus otot) tubuh. Energi ini juga bertanggungjawab atas aliran-bebas energi di seluruh tubuh. Ketika energi hati kurang sempurna atau tidak bergerak, akan menyebabkan sakit di seluruh tubuh, terutama di ligamen area persendian.

Ajaran klasik pengobatan Tiongkok kuno menyatakan bahwa di manapun ada rintangan energi atau kekurangan energi, di tempat itu timbul perasaan sakit. Jika Anda memeriksa titik pemicu fibromyalgia, mereka sering disamakan dengan titik-titik akupunktur hati-kantung empedu.

Energi hati mengatur haid, dan garis meridiannya sampai ke dada, perut, dan uterus (rahim). Ketika energi hati terganggu, periodenya menjadi tidak beraturan, kram dengan nyeri payudara, dan kesulitan pencernaan akan terjadi.

Stagnasi qi dapat menyebabkan stagnasi darah. Gumpalan gelap sering diamati pada aliran haid. Jika kondisi tersebut menetap dalam jangka panjang, fibroid uterine (tumor jinak dalam uterus) atau penyakit fibrosistik payudara (pembengkakan atau benjolan yang sering sukar dibedakan dengan jaringan kanker) mungkin akan berkembang.

Menurut pengobatan Tiongkok kuno, energi hati mengatur penyimpanan darah dan rumah dari jiwa yang sangat halus. Pengaturan darah yang cukup oleh energi hati adalah hal penting untuk memiliki pikiran tenang dan tidur nyenyak di malam hari, demikian juga dengan penglihatan dan kewaspadaan yang baik sepanjang hari.

Waktu puncak energi hati mulai dari 01.00 sampai 03.00. Tidur yang terganggu selama jam-jam ini sering menandakan adanya masalah energi hati.

Hati adalah fungsi dari elemen kayu, yang mempunyai efek pengaturan pada pencernaan. Elemen tanah juga mempunyai efek langsung pada pencernaan melalui perut dan garis meridian limpa.

Elemen tanah berefek pada pencernaan yang terutama berkaitan dengan penyerapan dan asimilasi makanan dan nutrisi. Ketika kelebihan energi hati (kayu), akan dapat menyingkirkan energi tanah.

Konsekuensinya, energi dari makanan dan nutrisi akan terpengaruh, mengakibatkan kelelahan dan kelambatan metabolisme. Jadi, walaupun mungkin pada awalnya seolah-olah masalah utamanya adalah kekurangan (elemen) tanah, kemungkinan yang benar-benar terjadi adalah kelebihan (elemen) kayu.

Ketika kita mengamati manusia pada level energi, mustahil untuk memisahkan fungsi mental dan fisik, atau tubuh dan pikiran. Kelainan fungsi fisik akan mengganggu status emosional dan mental dan sebaliknya.

Pada pengobatan Tiongkok kuno, energi hati terutama dipengaruhi oleh kemarahan dan emosi yang berkaitan, seperti sifat lekas emosi, frustrasi, kemarahan, kecemburuan, depresi, dan kekecewaan. Oleh karena itu, penting untuk berhati-hati akan status emosional Anda dan aspek psikologis dari kehidupan Anda.

Jika Anda mendapati problem yang berkepanjangan dengan salah satu dari kondisi-kondisi di atas, Anda mungkin perlu memeriksa kemarahan yang belum terpecahkan bersama seorang ahli kesehatan mental sebagai bagian dari rencana penyembuhan keseluruhan Anda. Meditasi sehari-hari dan berkultivasi dengan Falun Dafa (suatu latihan yang menyelaraskan pikiran, tubuh, dan jiwa) dapat juga memberi manfaat yang luar biasa.

Untuk panas yang mungkin disebabkan oleh stagnasi hati, Anda mungkin perlu menghindari makanan pedas, seperti lada panas, yang menciptakan panas tambahan di dalam tubuh Anda. Makanan berwarna hijau umumnya baik untuk energi hati.

Karena energi hati mempunyai waktu puncak pada 01.00 sampai 03.00 di pagi hari, Anda pasti ingin tidur nyenyak di jam-jam tersebut. Terbangun di larut malam mungkin akan memicu atau memperburuk sakit kepala migrain dan masalah lain yang berhubungan dengan ketidakseimbangan hati.

Jika Anda sering terbangun selama periode waktu ini, pertimbangkan kemungkinan mengenai situasi kehidupan emosi yang mempengaruhi keseimbangan energi hati Anda.

Emosi positif yang memelihara hati adalah belas kasih, kebaikan, kebajikan, dan kedermawanan. Latihan manapun yang membantu mengultivasi hal positif ini akan sangat membantu.

Akupunktur dan pengobatan herbal Tiongkok adalah suatu cara yang memungkinkan para ahli kesehatan untuk menggerakkan dan menyeimbangkan kondisi energi. Mereka sangat membantu ketika para ahli dapat membuat diagnosa yang tepat, memilih titik-titik yang benar, dan menggunakan teknik yang sesuai. (Epochtimes.co.id/feb)

Dr. Yang adalah seorang psikiater bersertifikat dan dokter pengobatan Tiongkok generasi keempat. Websitenya : taoinstitute.com.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s