Negeri Api dan Es

Standar


wisataBlue Lagoon

Negara Islandia tetap merupakan semacam misteri bagi kebanyakan orang. Banyak orang menduga, negara tersebut bagian daerah kutub yang tak berpenghuni, ditutupi sungai es dan jauh dari peradaban modern. Faktanya, Greenland-lah yang ditutupi es, sedangkan Islandia pada musim panas terlihat hijau dan subur. Berbagai pemandangan alamnya sangatlah luar biasa – mulai dari padang jamrud hingga ke gurun debu vulkanik, dari pegunungan tinggi hingga ngarai yang dalam, dari sungai es yang sangat dingin hingga sumber panas bumi yang membara. Islandia memiliki banyak keajaiban bagi penggemar wisata alam.

Pulau Islandia, kurang lebih sebesar Pulau Britania, pertama kali ditemukan sebelum abad ke-9 oleh biarawan Irlandia, tetapi ditinggalkan tidak lama setelah kedatangan pendatang Norwegia. Tahun 930, “Althing” dibentuk, yang merupakan sistem parlemen Eropa tertua yang masih berlaku hingga hari ini. Ketika Norwegia dikalahkan Denmark, Islandia berada di bawah pemerintahan kerajaan Denmark hingga tahun 1918, saat negara tersebut mendeklarasikan kedaulatannya berbentuk negara kesatuan dengan kerajaan Denmark.


wisataBanyak orang menikmati dan bersantai di Blue Lagoon


wisata
wisataLokasi Kemah Yang Sangat Memukau di Landmannlauger

Sepanjang sejarahnya, Islandia telah mengalami berbagai macam bencana alam. Misalnya, letusan gunung berapi dari tahun 1783 hingga 1786, yang merupakan bencana terburuk dalam sejarah pulau tersebut. Aktivitas gunung api yang sering terjadi di Islandia karena posisinya pada pegunungan Atlantik Tengah, dimana lempeng kontinental Amerika Utara dan Eurasia secara perlahan saling menjauh, hal mana memungkinkan pembentukan karang yang mencair dari dalam bumi untuk menyelinap diantaranya.

Melalui proses inilah Islandia terbentuk. Pulau-pulau baru muncul dari bawah dasar laut ditahun 1963, ketika terjadi letusan gunung api di bawah laut yang membentuk sebuah pulau di lepas pantai selatan Islandia, kemudian dinamakan pulau Surtsey. Islandia sekarang merupakan salah satu tempat dengan gunung-gunung api yang paling aktif di seluruh dunia, yang memberikan peningkatan fenomena seperti air mancur dan sumber air panas. Tetapi jangan khawatir – semuanya aman dikunjungi dan berbagai aktivitas gunung api bahkan memberikan pengalaman yang unik dan menyenangkan bagi pelancong.

Para wisatawan harus terbang ke bandara udara Keflavic, sekitar 45 menit perjalanan dari ibukota Reykjavik. Sebuah kota yang berkembang secara perlahan dan menyenangkan, Reykjavik terkenal dengan pemanasan bawah tanahnya yang menjaga jalan-jalan tetap aman dilintasi pada saat musim dingin yang berat dan bersalju. Disamping kehidupan malam yang populer di pusat kota, atraksi lain termasuk mengamati ikan paus dan Blue Lagoon (Laguna Biru).

Blue Lagoon merupakan danau buatan, dipenuhi dengan air garam yang dipanaskan dengan sumber panas bumi yang dipompa melalui pipa bawah tanah secara bolak balik sepanjang satu mil. Setelah digunakan untuk membangkitkan listrik pada pusat pembangkit di dekatnya, air yang kaya mineral ini dipompa ke dalam danau. Airnya dikatakan memiliki efek penyembuhan dan menenangkan pikiran jika berendam di dalamnya. Pemandangannya terlihat luar biasa dikelilingi oleh sebuah ladang lava, dan pada danau biru sempurna tersebut juga terlihat pembangkit listrik, yang merupakan sumber energi yang sangat ramah lingkungan, tanpa menghasilkan limbah melainkan hanya uap air murni.

wisataAir mancur panas menyembur setinggi 200 kaki (hampir 61 meter)

Untuk mereka yang ingin melancong lebih jauh, Geyser Park, yang dapat ditempuh beberapa jam perjalanan mobil dari Reykjavik, adalah tempat dengan berbagai kolam dan air mancur panas, yang terbesar adalah air mancur panas (geyser) yang dapat menyemburkan air setinggi 200 kaki (sekitar 61 meter) setiap 10 menit. Namun untuk melihat keajaiban sumber panas bumi yang sesungguhnya di Islandia, seseorang harus naik ke pegunungan.

Jalur “Landmannlauger-Porsmork” merupakan jalur utama di Islandia tetapi sesungguhnya bukanlah yang paling mengagumkan. Untuk dapat melihat pemandangan gunung api yang penuh warna di ketinggian pegunungan, dimana gelembung uap panas keluar dari lubang dasar tanah dan batu karang berwarna merah, hijau, biru dan coklat secara bergantian menutupi tanah, seseorang harus berjalan menempuh 8,08 mil melintasi gurun debu vulkanik, menyeberangi sungai es yang dingin, angin keras dan hujan. Tetapi yang diperoleh juga luar biasa, pemandangan di pegunungan tinggi terlihat seperti seseorang mengambil sekumpulan cat, kemudian mencoret pegunungan tersebut secara liar dengan berbagai warna. Anda dapat melihat sungai es, sungai, uap di satu lokasi yang sama, puncak bukit dan lembah membuat kita merasa amat kecil dan seperti sedang menjalani guratan di telapak tangan manusia.

Walaupun jiwa petualangan dan peralatan yang cocok diperlukan, namun jalurnya diberi pertanda dengan tonggak-tonggak dan juga dilengkapi dengan gubuk-gubuk di sepanjang jalan. Jalur ini cukup populer dan banyak turis mancanegara dapat ditemui sepanjang jalan. Sebuah bus penumpang 4×4 dapat disewa untuk mencapai Porsmork dan Landmannlauger. Untuk info lebih lanjut mengenai semua ini dan aktivitas lainnya di Islandia, seperti arung jeram di white water, penjelajahan gletser, lihat situs Iceland Tourist Board http://www.icetourist.is

(Sumber:http://www.theepochtimes.com/news/5-11-24/34952.html)*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s