Hati yang Baik Menambah Kecantikan Perempuan

Standar

girl

Cai Yong dikenal juga sebagai Cai Bojie. Ia terkenal sebagai sastrawan besar dari Wilayah Qi, Provinsi Henan pada masa Dinasti Han Timur (202 Sebelum Masehi – 220 Setelah Masehi). Cai Yong dikenal menjunjung tinggi moral dan menegakkan keadilan.

Ia suka membaca, matematika, astronomi dan bermain musik. Untuk mendidik putrinya Cai Wenji, ia menulis sebuah esei berjudul “Pelajaran untuk Perempuan”. Ia tidak keberatan bila putrinya berdandan bagus dan bersolek. Pada kenyataannya, ia percaya perempuan seharusnya berdandan tipis agar mereka tampil lebih pantas, dan perempuan harus menjaga rambutnya bersih serta mengkilap. Dilain pihak, ia menekankan adalah lebih penting bagi seorang perempuan untuk mengolah kecantikan dalamnya daripada memperelok kecantikan luarnya. Ia percaya bahwa kecantikan yang sesungguhnya datang dari dalam.

Dalam karangannya “Pelajaran untuk Perempuan”, Cai Yong menulis, “Seperti kepala dan wajah, hati juga membutuhkan perawatan. Kotoran akan muncul bila kamu lalai mencuci wajahmu dalam sehari. Ide jahat akan memasuki hatimu jika lalai melatih kebaikan dalam sehari. Setiap orang tahu bagaimana mempercantik wajah, tetapi tidak setiap orang tahu mengembangkan kebaikan. Bila kamu tidak merawat wajahmu, mungkin orang bodoh akan memanggilmu ceroboh. Bila kamu tidak melatih moralmu, orang berakhlak akan memanggilmu jahat. Adalah masih dapat diterima dipanggil ceroboh oleh orang bodoh, tetapi tidak ada tempat bagimu di dunia, jika seorang bermoral memanggilmu jahat. Karena itu, jika kamu melihat dirimu di kaca, pikirkan apakah hatimu bersih. Kalau memakai parfum, pikirkan apakah hatimu tenang dan damai. Kalau bersolek, pikirkan apakah pikiranmu bersih. Kalau melembabkan rambutmu, pikirkan apakah pikiranmu tentram. Bila menyisir rambutmu, pikirkan apakah pikiranmu rasional dan masuk akal. Bila mengikat rambutmu, pikirkan apakah pikiranmu semulus, seelok sanggulmu. Bila kamu menata rambut halus sepanjang wajahmu, pikirkan apakah hatimu juga serapi itu.

Sumber: http://www.clearharmony.net/articles/200209/7311.html *

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s