Putri duyung

Standar

BOLEH percaya boleh tidak, sebagian orang percaya bahwa dia ada, sebagian lagi percaya bahwa hal itu hanya sekedar dongeng yang dikarang oleh pendongeng asal Denmark, Hans Christian Andersen. Putri Duyung atau Mermaid adalah sesuatu yang sangat dikenal anak-anak sedunia. Terlebih setelah Walt Disney mengangkat cerita tersebut ke versi layar lebar, cerita tentang putri duyung yang jatuh cinta pada seorang pangeran pun terdengar ke seluruh dunia. Lalu sebenarnya semenjak sejak kapan kisah putri duyung ini dikenal masyarakat?

Legenda tentang `merfolk` atau manusia air dapat ditemukan sejauh masa babylonia, mahluk-mahluk air yang dikenal dengan sebutan Oannes atau Ea. Oannes dikabarkan muncul di laut Erythrean, dia muncul kepermukaan mengajarkan manusia seni dan ilmu pengetahuan. Saat ini Anda dapat melihat dinding yang menggambarkan semua itu di Louvre. Disana Anda akan melihat Oannes digambarkan sebagai seorang Merman, dengan tubuh bagian atas seorang pria dan tubuh bagian bawah memiliki ekor ikan.

Beberapa makhluk legendaris yang karakternya mirip puteri duyung juga ditemukan di beberapa negara, seperti: Mami Wata dari Afrika barat dan tengah; Russalki (Rusalka) dari Rusia dan Ukraina; Merrow dari Irlandia dan Skotlandia; Oceanid, Nereid, dan Naiad dari Yunani, ketiganya adalah Nymph air. Dalam dongeng dan cerita rakyat Eropa, ada makhluk yang wujudnya menyerupai puteri duyung disebut Melusine, berwujud wanita dari kepala sampai pinggang, sedangkan berwujud ikan dari pinggang ke bawah, dengan dua ekor yang bercabang atau kadang-kadang seperti ular. Di Jepang, jika manusia memakan daging puteri duyung, maka akan memeperoleh keabadian. Dalam beberapa cerita rakyat di Eropa, puteri duyung dapat mengabulkan permohonan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s