PREDATOR UTAMA DALAM EKOSISTEM LAUT

Standar

Gambar anatomi ikan hiu

Gambar anatomi ikan hiu

Ikan hiu sudah menempati lautan selama 400 juta tahun, jauh sebelum dinosaurus muncul di bumi.
Dalam sejarah perkembangannya, terdapat 350 spesies ikan hiu dengan ukuran tubuh, tingkah laku, dan ciri lainnya yang sangatberbeda satu sama lain.
Ikan hiu memiliki indra yang sangat sensitif.Indera tersebut dapat mendeteksi bau ikan busuk atau darah walaupun kadarnya hanya satu per sejuta air laut.Hewan ini juga memiliki pendengaran yang sangat baik dan daya lihat di malam hari yang lebih baik daripada manusia.Selain itu, juga memiliki indera penerima impuls listrik yang dipancarkan oleh otot hewan mangsanya.
Ikan hiu merupakan hawan yang sangat kuat dan dapat berenang dengan cepat.Ikan hiu merupakan prsdator utama dalam ekosistem laut.Predator adalah hewan yang mendapatkan makanannya dengan cara memburu dan membunuh hewan lainnya.Fungsi predator utama ini adalah untuk mengontrol jumlah predator lainnya dalam laut.Pemburuan ikan hiu secara besar-besaran dapat mengakibatkan musnahnya ikan hiu.
Namun inilah kegiatan membahayakan yang sedangberlangsung saat ini.Setiap tahun manusia memburu lebih dari 100 juta ikan hiu yang kebanyakan di manfaatkan untuk makanan, yaitu sup sirip hiu yang sangat digemari di Asia.Sejak tahun 1986, permintaan akan ikan hiu meningkat drastis.
Selain dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan, ikan hiu membantu manusia dalam mempelajari cara melawan kanker, bakteri, dan virus.Ikan hiu memiliki tubuh yang sehat dan mengalami proses penuaan yang dapat menyembuhkan luka dengan segera sehingga mencegah infsksi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s