BENARKAH KAFEIN SEBAGAI PEMACU STIMULAN ?

Standar

gambar Struktur kimia kafein

gambar Struktur kimia kafein

♥ Kafein sebanarnya bukan pemacu stimulan secara langsung, karena kafein memilki fungsi untuk menghalangi zat kimia lainnya, yang ada didalam tubuh manuisia. Kafein berefek menenangkan aktivitas-aktivitas sel-sel tubuh, terutama otak dan saraf tulang belakang.

♥ Kafein adalah suatu zat kimia golongan METILSANTIN, yang terdapat didalam kakao, teh dan kopi. Seacara temporer menggantikan reseptor-reseptor sel yang sama, seperti Adenosin (senyawa kimia yang dihasilkan dari metabolisme energi tubuh, berfungsi sebagai modulator/ sebagai rem pada aktivitas-aktivitas sel saraf dengan cara menjaga agar sel-sel saraf tidak terangsang dalam jangka waktu lama).

♥ Ketika aksi adenosin dihalangi oleh kafein, sel-sel saraf menjadi lebih aktif. Kafein masuk kedalam otak dengan cepat, dan terus aktif selama beberapa jam. Tetapin efeknya menurun jauh lebih cepat dibandingkan stimulan-stimulan lainnya.

♥ Waktu yang diperlukan sehingga konsentrasi kafein didalam , aliran darah tinggal ½ dari konsentrasi awal adalah sekitar 3 – 6 jam, pada orang sehat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s